Pages

Minggu, 10 Oktober 2010

Bisa baca tanpa melihat??? Dengan otak tengah

#midbrain terletak diantara otak kanan dan kiri#
Aktifasi Otak Tengah adalah sebuah fenomena yang baru-baru ini muncul di Indonesia. Aktifasi otak tengah sebenarnya sudah diperkenalkan di negara-negara asia seperti jepang semenjak dahulu. Dari adanya aktifasi tengah ini, anak akan lebih memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan anak yang belum diaktifkan otaknya. 

Pembedaan antara otak kiri dan kanan sudah umum kita kenal. Otak kiri kita kenal berperan pada logika, bahasa, angka, tulisan dan hitungan. Otak kanan digunakan untuk kreatifitas, imajinasi, dan lainnya. Sedangkan otak tengah berfungsi sebagai jembatan antara otak kiri dan kanan. Selain itu, juga sebagai penyeimbang antara keduanya.

Menurut Einstein, mayoritas manusia hanya menggunakan sedikit saja dari kemampuan otaknya. Jadi masih terdapat begitu banyak sekali kemampuan dalam otak manusia yang belum ter-eksplore.
Otak tengah yang menjadi penghubung antara otak kanan dan kiri, mempunyai kemampuan yang luar biasa. Otak tengah merupakan bagian terkecil dari otak yang berfungsi untuk menyampaikan informasi pendengaran dan penglihatan. Otak tengah juga berperan dalam meningkatkan kemampuan mengasihi orang lain (empati). Dan diyakini, otak tengah merupakan bagian paling awal dari pertumbuhan seorang janin.

Sesuai dengan namanya, otak tengah terdapat diantara otak kiri dan kanan. Otak tengah mendominasi perkembangan otak secara keseluruhan. Di dalam kandungan, ukuran otak tengah, jika dibandingkan dengan bagian otak lain, paling dominan. Bahkan, bayi dalam kandungan diduga dapat melihat keluar rahim ibunya lewat perantara otak tengah.

Jika otak tengah telah diaktifkan maka akan menghasilkan efek-efek yang luar biasa, seperti daya konsentrasi yang meningkat, kemampuan fisik dalam olahraga akan berkembang, otak kanan dan kiri lebih seimbang, ada keseimbangan hormon, serta daya intuisi meningkat. Kemudian terkait mental anak, manfaat secara umum otak tengah, anak yang hiperaktif bisa duduk dengan tenang. Anak yang diam menjadi lebih aktif.

Selain itu efek yang ditimbulkan setelah otak tengah diaktifkan bermacam-macam dan masing-masing anak tidak dapat disamakan. Misalnya, ada yang dominan dengan intuisinya, seperti bisa memprediksi kejadian masa mendatang, membaca warna dengan mata tertutup, dan sebagainya.
Ada juga efek ”ajaib” yang ditimbulkan setelah otak tengah anak diaktifkan. Salah satunya bisa mendeteksi penyakit, menerima sinyal firasat, menebak kartu, mewarnai tanpa melihat, dan lainnya. Namun, efek di sini tidak dimaksudkan untuk mengarahkan anak menjadi pesulap atau cenayang. Sekali lagi metode tutup mata dimaksudkan untuk melatih otak tengah yang telah diaktifkan agar tidak tertidur lagi.

Aktivasi otak tengah bukanlah suatu hal yang magis atau berbau supranatural. Aktivasi otak tengah dilakukan secara ilmiah. Aktivasi otak ini  banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang yang banyak muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan relax di toilet, atau bahkan sedang berendam air panas di bathtub.

sumber : otaktengahindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tetapi dengan menjaga kesopanan