Pages

Rabu, 24 November 2010

Bocah-Bocah aneh di Indonesia

Ada banyak makanan enak  dan lezat disekitar kita. Dan tentu makanan tersebut menjadi santapan sehari-hari bagi kita. Tapi lain halnya bagi mereka para penderita PICA. PICA yang dalam bahasa medis berarti kelainan pola makan tertentu dimana penderita memakan makanan yang tidak lazim dan tidak kita banyangkan untuk dapat dimakan, seperti tanah, pasir, kapur, puntung rokok, lampu, bulu bahkan kotoran binatang. Penderita PICA biasanya lebih banyak dari kalangan anak-anak diatas 1 tahun keatas, karena pada masa ini seorang anak suka sekali memasukkan benda-benda apa saja disekitar kedalam mulutnya. Namun penderita PICA ini juga bisa kita temui pada orang dewa; ibu hamil terutama yang mengalami gangguan jiwa, juga pada orang dewasa yang sedang diet, ketagihan tekstur tertentu pada mulutnya atau yang punya masalah sosial atau ekonomi.


Berikut terdapat 15 kasus PICA yang ditemui di Indonesia:
1. Memakan rumput & kerikil
Purwanto (8 tahun), bocah yang tinggal di desa Tanjung Rejo, Pati, Jawa Tengah ini memiliki kebiasaan aneh untuk memakan rumput sebanyak 10 kali dalam sehari. Kebiasaan tersebut terjadi saat ia berumur 5 tahun. Akibatnya dia mengalami gangguan berbicara dan lebih senang main sendiri.

2. Memakan garam
Irwansyah, adalah bocah dari Polewali Mandar Sulawesi Selatan ini memiliki kebiasaan untukengkonsumsi garam. Seperti yang diberitakan di salah satu stasin tv swasta di Indonesia bocah satu ini memiliki berat badan yang membengkak melebihi tubuh bocah seusianya akibat dari pola makannya tersebut.

3. Memakan batang Korek api
Icha, seorang gadis cilik yang tinggal di Gang Palmerah Teluk Tiram, Banjarmasin mempunyai cemilan luar biasa berupa pentol korek api. Padahal pentol korek, memiliki zat kandungan belerang dan potasium florat yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh manusia. Namun hal tersebut tidak mempan bagi pencernaan gadis cilik ini.


4. Memakan tanah & Genting
Bastiawan, bocah kelas 5 SD asal Desa Cempoko Rejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ini juga memiliki kebiasan yang aneh. Yakni memakan tanah dan genting. Kebiasaan aneh  yang dilakukan bocah ini diduga akibat penyakit kelainan empedu yang dideritanya sejak lahir dan tak kunjung mendapat pengobatan.

5. Memakan Batu Bata
Jika mempunyai anak seperti Ilham Nasir Firmansyah ini tak perlu susah-susah untuk banting tulang mencari makanan, karena bocah berusia lima tahun warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini punya menu tetap berupa batu bata tumbuk. Bocah bernama Ilham ini sanggup menghabiskan satu batu bata tumbuk dalam empat hari.
Dari kesukaannya memakan batu bata ini Ilham menjadi anak yang tergolong kurus dan kurang aktif. Ilham juga enggan untuk berbicara.

6. Memakan dirinya sendiri
Nah kalau anak yang satu ini menu makannya paling berbahaya diantara semua para penderita PICA. Anak bernama Ningsih 19 tahun, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo ini sejak balita mempunyai hobi untuk memakan dagingnya sendiri alias kanibal.
Nining panggilan akrab gadis ini, selain hobi untuk memakan dagingnya sendiri juga mempunyai gangguan kejiwaan, sejak dirinya baru berusia 8 tahun. Dan bahkan, sampai saat ini sepuluh jarinya telah habis dimakan.

7. Memakan beras mentah
Hikmatus Solihah, gadis berusia 4tahun ini memiliki kebiasaan memakan beras mentah. Bocah dari Desa Kluwut, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, setiap harinya bisa menghabiskan beras mentah sebanyak satu kilo.



8.Memakan putung rokok
Dilihat secara fisik, bocah dari Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi memiliki kondisi yang terbilang normal seperti kebanyakan balita lainnya. Namun balita yang bernama Nurhadi ini memiliki keaneha yaitu mengkonsumsi batang rokok.



9. Memakan Rayap
Anak balita bernama Dhimas Prasetyo, warga Desa Ketro, Kecamatan Sawo, Ponorogo, Jawa Timur, ini memiliki kebiasaan aneh karena gemar makan rayap sebagai camilannya.
Secara pertumbuhan Dhimas mempunyai tubuh yang normal layaknya balita seusianya. Namun, setiap ada rayap yang melintas di kayu maupun tanah langsung diambil oleh anakn itu tanpa rasa takut, bahkan binatang itu dimakan secara lahap layaknya camilan krupuk atau jajanan lainya.



10. Memakan Kertas, bedak & minum minyak kayu putih
Yono, seorang anak yang berasal dari Jl.Pertanian Utara, RT01/01, Klender, Jakarta Timur memiliki hobi aneh dengan memakan kertas, bedak dan minyak kayu putih. Lebih anehnya lagi, bocah lelaki ini memiliki kekuatan melebihi orangtua karena mampu menahan lapar hingga satu minggu



11. Memakan Kapuk & Kapas
Tak pernah terbayangkan dalam benak pasangan suami istri, Tarya Purbaya (37) dan Salman (29), kalau putranya. Agung Nata prawira (1,6), akan memiliki kebiasaan aneh yakni gemar memakan kapuk dan kapas. Uniknya, kebiasaan aneh itu sudah dilakukan bocah tersebut sejak berusia delapan bulan lalu. Yang mengherankan, kondisi tubuh anak ini malah terlihat tetap sehat dan bugar. Sebaliknya, bocah ini akan jatuh sakit bila lebih dari empat hari tak menyantap makanan kegemarannya Itu. Bib sudah diberi kapuk, dia akan kembali sehat.

12. Memakan Abu Rokok
Di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan Karawang, Jawa Barat, seorang bocah bernama Iin Romimah mempunyai kebiasaan suka memakan abu rokok dan sisa pembakaran korek api.
 
13. Meminum Bensin
Satu lagi seorang bocah berusia enam tahun warga Desa Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Tanggamus, Lampung ini mempunyai kebiasaan unik meminum bensin. Dalam sehari, Jesen Khairul Fuad mampu menghabiskan 2 hingga 3 liter bensin. Jesen mempunyai kebiasaan minum bensin seperti layaknya minum air biasa.


14. Memakan Obat Nyamuk bakar
Iqbal Dwi Pratama, seorang anak berusia dua tahun warga Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, biasa memakan obat nyamuk bakar. Anehnya, putra pasangan Astuti dan Hairuddin ini tak pernah merasa sakit kendati kebiasaan itu sudah dilakukan sejak usia lima bulan. Padahal obat nyamuk mengandung insektisida yang jelas berbahaya karena bila dikonsumsi oleh manusia normal terus menerus bisa menimbulkan

15. Memakan odol, sabun & parfum
Eringga, seorang bocah dari Desa Sambiroto, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri ini sempat menghebohkan warga setempat. Bocah berusia 6 tahun ini sehari-hari gemar memakan sabun, pasta gigi, hingga parfum yang mengandung alkohol. Bocah ini mengalami pola makan aneh semenjak usia 2 tahun.



sumber :
Beritakota.net
Republika
klikunic.com
blogger.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tetapi dengan menjaga kesopanan