Pages

Minggu, 05 Desember 2010

Jika diluar ada Wikileaks, Indonesia pun tak kalah kreatifnya terdapat Indoleaks. Wikileaks dan Indoleaks prinsipnya adalah sama, yaitu situs yang memberitakan dokumen-dokumen rahasia yang selama ini tidak pernah diketahui orang. Jika pemberitaam Wikileaks berkutat pada seluruh Negara tanpa kecuali Indonesia, namun Indoleaks hanya berkutat pada sebatas rahasia Negara Indonesia. Informasi-informasi rahasia yang diberitakan Indoleaks adalah informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan maupun orang yang dibilang jahat di Indonesia.

“Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi,” diambil Detik.com dari situs Indoleaks.
Dan yang menarik dari adanya Indoleaks; bahwa situs ini menerima kontribusi dari pengunjung untuk membeberkan informasi yang terbilang ‘rahasia’. Namun, dengan persyaratan sebagai berikut :
* Dokumen yang akan dipublikasikan haruslah orisinil, dan tanpa ada opini pengirim di dalamnya.
* Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah anonim.
* Dokumen yang dipublikasikan haruslah dokumen yang memiliki kepentingan publik.
* Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.
* Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.
Kemunculan Indoleaks yang sejatinya menrupakan tiruan dari Wikileaks, seharusnya disikapi dengan baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Dengan adanya Indoleaks ini seharusnya menjadi bahan bagi pemerintah, bahwa Indonesia tenyata masih memiliki segudang PR yang carut-marut dan perlu dibenahi untuk kemajuan bangsa. Masalah benar atau pun salah dari adanya informasi yang diberikan, harus diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang berguna tidak lain tidak bukan untuk kesejahteraan masyarakat.
Semoga saja menjadi pelajaran untuk bangsa Indonesia, dan juga informasi-informasi rahasia yang dipublikasikan oleh Indoleaks adalah sebuah kebenaran dan bukan hanya untuk mencari sensasi belaka.

sumber : kumpulblogger.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tetapi dengan menjaga kesopanan